Screen Shot 2015-11-26 at 10.59.17 AM-3

Mega Inovasi Organik Tingkatkan Pendapatan 2.500 Petani

PT Mega Inovasi Organik sukses meningkatkan kesejahteraan sekitar 2.500 petani organik di berbagai daerah di Indonesia dengan mengembangkan produk organik premium berstandar Internasional. Ini sejalan dengan program nawacita pemerintahan Jokowi-JK.

“Petani Indonesia adalah ujung tombak bangsa Indonesia sebagai negara agraris. Oleh karena itu, kesejahteraan petani menjadi cerminan majunya bangsa ini,” ujar Founder dan CEO PT Mega Inovasi Organik, Dippos Naloanro Simanjuntak dalam rilisnya.

Mega Inovasi Organik bekerja sama dengan lebih dari 2.500 petani organik di berbagai daerah di Indonesia di antaranya Kulonprogo, Magelang, Purworejo, Kebumen, dan Pontianak untuk menghasilkan produk berkualitas premium langsung dari dari lahan pertanian organik yang kemudian diproses secara tradisional dengan menjaga standar mutu kesehatan produk.

Caranya, perusahaan memberikan pelatihan dan fasilitas kepada para petani tersebut untuk menghasilkan produk bertaraf internasional. Dari hanya membuat gula cetak, Abu Toyib, salah seorang petani di desa Tepus, Kulonprogo, Yogyakarta, kini bisa membuat gula semut berstandar internasional.

“Kami yang sebelumnya hanya petani deres dapat menjadi semakin sejahtera. Harapannya masyarakat semakin sukses dan juga usaha kami maju,” kata dia.

Mega Inovasi Organik berupaya meningkatkan produktivitas para petani dengan memberikan pelatihan, membentuk kelompok tani, meningkatkan fasilitas produksi, dan membangun infrastruktur desa. MIO juga merupakan perusahaan pertama yang mendirikan koperasi Fairtrade pertama di Pulau Jawa dengan nama Koperasi Simpan Pinjam Karya Manunggal Sejahtera yang didirikan untuk mengelola premi Fairtrade yang digunakan untuk kesejahteraan para petani dan keluarga.

“Hingga 2016, Mega Inovasi Organik telah memproduksi enam jenis produk agrikultur organik berkualitas ekspor yaitu gula kelapa organik, virgin coconut oil organik, sirup nira kelapa organik, kemukus organik, cabe jawa organik, dan vanilla organik,” kata Dippos.

Mega Inovasi Organik adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang agrikultural organik yang berdiri sejak tahun 2011 dan merupakan perusahaan pertama serta satu-satunya di dunia sebagai penghasil gula kelapa organik yang bersertifikasi Fairtrade oleh Lembaga Fairtrade Internasional (FLO-Cert).

 

Sumber : http://swa.co.id/swa/trends/management/mega-inovasi-organik-tingkatkan-pendapatan-2-500-petani

/ Uncategorized

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *